Home » » Ini Jawaban Teka Teki, Ayam atau Telur Lebih Dahulu?

Ini Jawaban Teka Teki, Ayam atau Telur Lebih Dahulu?

Written By Ikhbal Gusri on Selasa, 09 Februari 2016 | 09.48

Ini Jawaban Teka Teki, Ayam atau Telur Lebih Dahulu?

JAKARTA - Para ilmuwan berhasil menjawab salah satu tebak-tebakan tertua di dunia, mana yang lebih dulu, ayam atau telur?

Penemuan itu setelah dilakukan melalui komputer super milik Dewan Riset Sains Inggris di Edinburgh. Komputer itu dinamakan HECToR (High End Computing Terascale Resource), sebagaimana dikutip Okezone dari 'Kisah 1001 Fakta Science Tersuper di Dunia'.

Ilmuwan ingin menelusuri bagaimana telur terbentuk, dengan melihat proses detail telur secara mikroskopis. Melalui komputer super tersebut, tim dari Universitas Sheffield dan Warmick, Inggris, menemukan jawabannya. Apa jawabannya? Ayam.

Ilmuwan berhasil memecahkan teka-teki sepanjang masa itu. Hasilnya, ditemukan protein khusus yang ada di tubuh ayam, protein itu adalah "tukang bangunan" tanpa lelah yang menyusun bagian-bagian cangkang mikroskopis yang membentuk cangkang telur.

Kemudian protein ini menginisiasi proses pembentukan cangkang sebelum menyusun bagian telur yang lain. Tanpa protein pembangun tersebut, telur tidak mungkin terbentuk.

Protein itu hanya ditemukan di rahim ayam, yang itu artinya ayam ada terlebih dahulu sebelum telur. Akan tetapi jika menanyakan kembali, dari mana ayam berasal.

Beberapa teori mengatakan, nenek moyang ayam menciptakan telur pada zaman Dinosaurus. Cangkang telur dibentuk dari banyak kristal kecil. Karena tubuh kita menggunakan metode yang sama untuk membentuk gigi dan tulang, kita bisa belajar lebih banyak tentang bagaimana membangun kembali tulang manusia.

Share this article :

Posting Komentar

 
Desain : Labhki Blog |
Copyright © 2012 - 2016. labhki Blog - All Rights Reserved

Membaca Adalah Gudang Ilmu - Labhki Blog