Home » » 5 Bagian Tubuh yang Jarang Disadari Manusia (Bagian I)

5 Bagian Tubuh yang Jarang Disadari Manusia (Bagian I)

Written By Ikhbal Gusri on Rabu, 06 Juli 2011 | 21.54

Mungkin tidak banyak manusia yang mengenali organ dan fungsi tubuhnya, terutama yang letaknya di dalam, ataupun yang bentuknya kecil, dan atau terlihat namun tidak disadari. Mungkin organ ini pernah berfungsi, namun seiring perkembangan dan pertumbuhan manusia fungsinya berkurang. Berikut adalah 5 organ tubuh manusia:
1. Plica semilunaris
Dikenal sebagai kelopak ketiga, dan letaknya tersembunyi. Organ ini dikenal sebagai simbol “tidur”, akibat materi yang dihasilkannya. Organ ini seakan tidak memiliki fungsi, namun ia akan memproduksi materi yang dianggap sebagai kotoran, cairan yang kemudian mengental dan mengering, dan mengeras disudut mata saat manusia terbangun dari tidurnya.
Plica Semilunaris (Sumber:tenso.blog.br )

2. Arrector pili
Merupakan lapisan otot yang sangat kecil dimiliki oleh setiap helai rambut di tubuh manusia. Organ tubuh ini berfungsi untuk membuat rambut-rambut kecil manusia berdiri, yang disebabkan oleh syaraf dan berhubungan dengan emosi manusia, rasa takut ataupun terharu. Kita bangsa Indonesia mengenalnya dengan istilah “merinding”. Dan hanya berfungsi secara simbolis, visual, dan berlaku secara pribadi.  Namun bagi hewan mamalia otot ini berfungsi sebagai lapisan yang melindungi mereka dari suhu baik panas maupun dingin, dan perlindungan lainnya.
Erector Pili (Sumber: toptenz.ne)

3. Gigi Geraham Besar
Gigi geraham  besar terletak di belakang mulut, di belakang gigi geraham. Untuk suatu waktu gigi ini berguna, terutama untuk mengunyah makanan dedagingan. Gigi geraham ini sangat berguna untuk mengunyah makanan dengan baik, namun gigi ini tumbuh tanpa kepastian waktu. Namun ketika tumbuh akan menimbulkan rasa sakit, dan terkadang tumbuhnya tidak sempurna, sehingga banyak orang yang mencabutnya.
Geraham Besar (Sumber: wisdomteeth101.com)

4. Coccyx
Organ ini dikenal dengan sebutan tulang ekor, merupakan bagian terakhir dari manusia bertulang belakang.  Terdiri dari lima bagian tulang terpisah dan merupakan sisa tulang belakang.Dalam tubuh manusia tulang ini tidak memiliki fungsi, namun bagi hewan yang memiliki ekor sangatlah membantu.
Coccyx (Sumber:banah.org)

5. Adenoids
Organ ini merupakan kumpulan jaringan limfoid yang terletak di bagian belakang hidung manusia. Jaringan ini merupakan bagian dari sistem kekebalan dan menjebak bakteri yang mengandung virus. Bagaimanapun, organ ini hanya berfungsi menyaring bakteri yang terhisap. Dan seiring pertumbuhan manusia, jaringan ini akan mengecil dan menjadi tidak berfungsi, karena hanya berfungsi ketika manusia dalam masa kanak-kanak.  (**)
Adenoids (Sumber: drugster.info)



Share this article :

Posting Komentar

 
Desain : Labhki Blog |
Copyright © 2012 - 2016. labhki Blog - All Rights Reserved

Membaca Adalah Gudang Ilmu - Labhki Blog